RSS

MATEMATIKA LAKSANA ULAR TANGGA…

20 Nov

Tambah-tambahan atau kurang-kurangan bagi kita orang dewasa mungkin terasa mudah, tapi belum tentu mudah bagi anak-anak. Kebutuhan akan bermain dan mesti melalui tahapan yang konkret adalah kriteria bagi proses pembelajaran anak-anak dalam memahami sebuah materi termasuk matematika. Proses pembelajaran yang demikian tentunya perlu direncanakan dengan sebaik-baiknya.

Saya mencoba membuat sebuah proses pembelajaran yang memenuhi kriteria tersebut. Seperti biasanya, saat terhubung dengan internet saya mencari artikel atau apapun itu yang berhubungan dengan metode pembelajaran matematika. Alhamdulillah berbagai metode pembelajaran matematika bertebaran “pabalatak” di dunia maya. Dari sekian banyak metode yang ada, saya tertarik dengan proposal PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang menjadikan kalender sebagai media pembelajaran matematika (materi penjumlahan-pengurangan). Setelah sekilas membacanya, saya teringat juga dengan permainan yang biasa dilakukan waktu saya kecil, ular tangga. Hmm…serasa di kepala saya ada lampu yang nyala terang, saya dapat ide euy….

Saya menyusun pembelajaran penjumlahan-pengurangan dalam sebuah RPP yang saya beri judul games “siapa cepat”. Bagaimana respon anak-anak ketika belajar??? Tentunya anak-anak senang. Namun ada hal yang mesti dievaluasi setelah pelaksanaan pembelajaran, yakni makna pembelajaran penjumlahan-pengurangan (konsep penjumlahan-pengurangan dengan cara yang berbeda) belum sepenuhnya dipahami oleh anak-anak. Satu hal lagi, pelaksanaan pembelajaran dengan games “siapa cepat” ini dilakukan setelah anak-anak belajar penjumlahan dan pengurangan secara terpisah dan juga dilakukan dengan benda-benda konkret. Hal itu perlu dilakukan mengingat pembelajaran games “siapa cepat” lebih mengarahkan pada konsep garis bilangan dalam penjumlahan dan pengurangan. Kalau ditambah maju dan sebaliknya bila dikurang mundur.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 20, 2011 in belajar

 

Tag: , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

 
