RSS

“Ih makan pake tangan kiri”

10 Jul

Anda Muslim? Alhamdulillah kita diberikan nikmat yang paling besar oleh Alloh berupa nikmat Iman dan Islam. Bayangkan kalau seandainya kita tidak diberikan kedua nikmat tersebut.

Perkaranya adalah ketika kita seorang muslim, maka yang patut dipertanyakan: apakah kita sudah masuk Islam secara kaffah (sempurna/keseluruhan). Maksudnya, apakah kita sudah/paling tidak berusaha untuk menjalankan seluruh ajaran Islam? Melaksanakan ajaran Islam mulai dari masalah aqidah sampai muamalah?

Sayang umat Muslim saat ini tidak sepenuhnya paham akan agamanya sendiri. Satu contoh kecil yang sering menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari adalah makan dan minum pakai tangan kiri serta sambil berdiri. Padahal Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam pernah bersabda:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِيْنِهِ وَ إِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِيْنِهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَ يَشْرَبُ بِشِمَالِهِ

“Jika salah seorang di antara kalian makan, maka makanlah dengan tangan kanannya. Dan jika ia minum, minumlah dengan tangan kanannya. Karena sesungguhnya syaitan makan dengan tangan kirinya dan minum juga dengan tangan kirinya.” (HR Muslim)

نَهَى رَسُوْلُ اللّٰهِ أَنْ يَأْكُلَ الرَّجُلُ أَوْ يَشْرَبَ قَائِمًا

“Rosululloh shollallahu alaihi wa sallam melarang orang makan atau minum sambil berdiri.” (HR Muslim)

Saya dan guru yang lain selalu mencoba menanamkan adab makan dan minum yang baik kepada murid-murid di sekolah. Alhamdulillah selama 1 tahun mengajar, saya melihat perkembangan yang luar biasa pada murid-murid saya. Mereka sering berceloteh “ih makan pake tangan kiri” atau “ih makan sambil berdiri” kepada temannya yang masih makan pakai tangan kiri dan sambil berdiri. Makan dan minum dengan tangan kanan dan juga dilakukan sambil duduk merupakan suatu hal yang telah diatur dalam Islam. Perkara ini mungkin terlihat sepele atau ringan. Bagi orang yang menyepelekannya, saya khawatir dia akan menyepelekan ajaran Islam yang lain karena untuk hal yang ringan saja enggan dilakukan apalagi untuk melaksanakan hal yang lebih besar.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 10, 2011 in Tak Berkategori

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: