RSS

Menulis Yu!

19 Jun

Menulis memang terasa sulit apalagi kalau baru memulai untuk memutuskan menulis entah itu di blog atau di media apapun. Asal tau aja nih, kalau tulisan ini pun tidak sekaligus langsung jadi, namun membutuhkan waktu dalam proses penulisannya. Kesulitan itupun akan terasa saat menulis skripsi atau tugas yang menuntut kita untuk menulis. Yang pasti supaya tulisan itu rampung mau tidak mau harus dimulai entah dengan menuliskan “apa yang mau saya tulis ya…..” atau “aduh bingung nih mau nulis apalagi”, yang terpenting adalah mencoba untuk menulis apapun yang sedang terlintas dipikiran kita. Hasilnya ya 90% masih berantakan, mana subjek mana predikat ga keliatan, dari kata-kata yang kurang enak dibaca sampai kata yang terasa puitis banget pasti ada, mulai dari bahasa yang gaul ampe yang baku juga ada seperti tulisan yang sedang anda baca. So jangan khawatir kan tinggal diedit, gampang kan?

Kira-kira kapan ya proses menulis itu sudah bisa dianggap selesai? Jawabannya tergantung dari penulisnya sendiri, tenggat waktu yang tersedia (kalau tugas dari guru/dosen/atasan atau pas lagi lomba) dan mood ^_^. Waktu menulis sebenarnya tidak bisa dibatasi karena terkadang ketika dirasa sudah selesai lalu misalnya dicetak untuk sebuah buku, maka beberapa waktu yang akan datang terkadang penulisnya merasa ada yang harus direvisi. Jadi jangan heran kalau ada buku yang terus-terusan direvisi. Satu hal lagi, tulisan kita pastinya tidak akan pernah sempurna karena kita kan hanya manusia biasa. Namun tentu kita selalu berusaha menulis dengan kemampuan terbaik yang kita miliki.

Sumber tulisan pun tentu harus dicantumkan dan jelas, jangan asal ngutip atau bahkan melakukan plagiat terhadap tulisan orang lain. Tulisan yang baik adalah tulisan yang mencantumkan sumber referensi/bacaan/bukunya. Tulisan harus mencantumkan sumbernya terutama tulisan yang bertemakan agama atau hal yang memang membutuhkan pembuktian ilmiah seperti masalah kesehatan.

Menulis bukanlah sekedar kegiatan biasa yang digunakan untuk menghabiskan waktu. Tapi rasa-rasanya menulis merupakan kegiatan yang mengumpulkan berbagai pengalaman yang pernah dialami seseorang, imajinasi yang sedang dipikirkan dan juga implementasi ilmu dari buku/artikel/majalah yang pernah dibaca. Menulis sepertinya bisa merupakan kegiatan yang efektif untuk mengejewantahkan ide, unek-unek atau berbagai perasaan lain yang sedang menimpa kita. Ya bisa dibilang juga untuk menghilangkan stress. Menulis juga berupa mendokumentasikan semua pengalaman yang pernah kita alami, dan bisa jadi pengalaman yang dituliskan tersebut bermanfaat bagi kita di masa yang akan datang atau bahkan bermanfaat bagi orang lain. Bukankah banyak buku yang beredar di pasaran sebelumnya merupakan kumpulan diary seseorang? Menulis juga merupakan ukuran bagi orang untuk melihat seberapa besar kapasitas ilmu seseorang atau seberapa banyak buku yang pernah dibacanya. Kok bisa ya?? Ya bisalah karena dengan menulis berarti ia telah mencoba memformulasikan berbagai ilmu yang ada dalam dirinya. Ilmu tersebut tentu didapatkan dengan berbagai cara entah dari membaca buku atau mendengarkan atau melihat dari berbagai peristiwa yang terjadi di sekelilingnya.

Jadi mulai sekarang yu kita tekadkan untuk rutin menulis (apa aja dari yang hanya sekedar iseng-iseng sampai hal yang serius, tapi tentunya harus dengan niat yang baik dan juga berpikir bahwa apa yang kita tulis pasti dimintai pertanggungjawabannya oleh Alloh), dengan menulis berarti kita pun akan banyak membaca. Kalau membaca berarti memperoleh ilmu, maka dengan menulis berarti mentransfer ilmu….rasakan sensasinya ketika menulis! Ayo menulis!

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 19, 2011 in Berpikir Sejenak....

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: