RSS

2. Bermain bola di atas secarik kertas

23 Mei

Main bola kok dikertas, apa serunya??? Jangan salah loh, bagi anak-anak terutama anak laki-laki, mau bermain bola beneran atau hanya sekedar bermain bola di atas secarik kertas itu merupakan suatu hal yang menarik bahkan nyaris ga ada bedanya. Mau bukti, cobain aja games ini.

Pelaksanaan: siapkan secarik kertas, kemudian sulaplah kertas tersebut menjadi lapangan bola dengan cara digambar. Usahakan lapangan bola yang digambar semirip mungkin dengan lapangan bola aslinya. Tong hilap! Gambar juga para pemainnya. Saran saya, cukup lima orang pemainnya.

Games ini bisa digunakan untuk satu orang hingga dua orang aja, kalau mau lebih silakan saja tapi saya belum pernah mencobanya. Aturan bermain bila satu orang (plus coach jadi dua orang): pertama tentukan bola ada di pihak siapa, biasalah dengan cara suit. Misalkan bola ada di coach, lalu coach memberikan pertanyaan. Bila siswa bisa menjawab dengan benar berarti tendangan coach ga goool, tapi kalau jawabannya salah maka satu nol untuk coach. Selanjutnya bola ada di siswa. Kalau siswa bisa memberikan pertanyaan maka aturannya sama seperti tadi, namun bila siswa tidak mau memberikan pertanyaan maka coachnya yang memberikan pertanyaan. Jawaban benar maka satu goool untuk siswa tapi kalau salah ya maaf-maaf aja ni ga goool. Permainan berlanjut seperti itu terus hingga hingga ada pemenangnya hehehehe….oh iya boleh juga ada babak keduanya plus istirahat dan sangat disarankan agar coach berpura-pura seperti komentator bola supaya lebih hidup permainannya.

Aturan pakai bila dua orang (coachnya cuma jadi wasit): sebelum bermain, siswa diminta pemanasan dulu dengan cara menjawab soal (setiap anak mendapatkan soal yang berbeda). Setelah itu coach memeriksa jawaban masing-masing anak. Bila ada yang salah diperbaiki, bila sudah benar ya udah emang itu yang diharapkan. Selanjutnya ditentukan bola ada di siapa di anak yang pertama atau yang kedua. Misalkan bola ada di anak pertama, maka dia memberikan pertanyaan sesuai dengan soal yang tadi telah diberikan sebelumnya. Bila anak kedua bisa menjawab dengan benar maka ga gol tapi kalau jawabannya salah satu nol untuk anak pertama. Kemudian bola berpindah ke anak kedua. Dia memberikan pertanyaan kepada anak pertama. Kalau benar jawabannya berarti ga gol tapi kalau salah jawabannya berarti satu gol untuk anak kedua….begitu seterusnya. Oia dimana peran coach…seperti sebelumnya coach bisa bertindak sebagai wasit dan komentator.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 23, 2011 in games pembelajaran, main bola

 

Tag: , ,

One response to “2. Bermain bola di atas secarik kertas

  1. fallahun

    Mei 26, 2011 at 7:36 am

    its great

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: