RSS

Fungsi Gantungan Baju dalam Pembelajaran Matematika

03 Jul

Saya merasa beruntung karena ada hari libur yang boleh dibilang cukup mendadak. Kenapa beruntung? Karena paling tidak saya masih bisa menghela napas panjang untuk membuat LP atau RPP matematika. Kebetulan saya memang sedang mengalami kebuntuan ide untuk pembelajaran matematika. Sebenarnya nggak buntu buntu amat sih…saya sudah berencana bahwa untuk materi pengukuran berat, anak-anak akan saya suruh menimbang benda. Nah masalahnya adalah timbangannya dari mana? Pakai timbangan kue rasa-rasanya belum waktunya diperkenalkan. Anak-anak kelas satu masih menimbang menggunakan alat ukur tak baku. Saya pun kepikiran bagaimana bila memakai timbangan yang kaya simbolnya pengadilan yaitu timbangan neraca dua lengan.

Saya mencoba mencari timbangan neraca di beberapa toko bangunan. Tak lupa saya pun mencarinya di internet. Akhirnya saya menemukannya di internet, tapi harganya??? Ya cukup mahal dan saya kira bila pesan pun tidak akan bisa dikirimkan dalam waktu yang singkat.

Saya terus berpikir bagaimana caranya agar anak-anak nanti tetap bisa menimbang bendanya secara langsung… Alhamdulillah akhirnya saya menemukan ide yang cukup sederhana, yaitu anak-anak menimbang menggunakan gantungan baju (hanger). Tentu tidak hanya gantungan baju saja, tapi juga menggunakan plastik sebagai wadah benda yang akan ditimbang dan kelereng sebagai anak timbangan. Satu lagi tali jemuran untuk menyimpan gantungan bajunya atau kalau tidak mau pakai tali jemuran juga tidak apa-apa.

Saya senang sekali ketika anak-anak belajar menimbang menggunakan gantungan baju. Tidak hanya saya yang senang tapi anak-anak juga yang senang dan menikmati pembelajaran saat itu. Pembelajaran saat itu sederhana tapi tidak mengurangi makna dari materi penimbangan.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 3, 2011 in belajar

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

